Jumat, 01 September 2017

Definisi Dan Contoh Pertumbuhan dan perkembangan Makhluk Hidup

Definisi Dan Contoh Pertumbuhan dan perkembangan Makhluk Hidup - Apakah anda pernah mengenal apa yang di maksud dengan pertumbuhan dan perkembangan? Tentunya anda pernah mendengar atau bahkan memahami tentang pertumbuhan karena sering mendengarnya. Bagaimana dengan perkembangan? Apakah anda juga memahaminya? 

Definisi Dan Contoh Pertumbuhan dan perkembangan Makhluk Hidup


Makhluk hidup selalu berubah - ubah dari waktu ke waktu. Perubahan yang terjadi mulai dari fertilisasi sel telur hingga  dewasa disebut dengan pertumbuhan dan perkembangan. 

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan seringkali kurang tepat didefinisikan. Oleh karena itu, anda harus benar - benar memahami sesuatu yang disebut tumbuh atau berkembang. 

Contohnya: terdapat sel yang membesar karena menyerap air dengan cara osmosis. Membesarnya sel tersebut bukan merupakan pertumbuhan. Sebaliknya, tambahnya jumlah sel zigot karena pembelahan, tetapi tidak terjadi peningkatan ukuran tubuh, termasuk pertumbuhan. Oleh karena itu, apakah sebenarnya pertumbuhan dan perkembangan itu?

Pertumbuhan (growth) merupakan proses penambahan ukuran (volume, massa, tinggi atau panjang) yang permanen dan bersifat tidak balik )irreversible), biasanya juga terjadi penambahan komponen yang bersifat padat, meningkatnya berat dan kering serta jumlah sitoplasma. Pertumbuhan bersifat kuantitatif, artinya dapat dinyatakan  dengan satuan bilangan. 

Apa yang dimaksud dengan perkembangan? Perkembangan (development) merupakan perubahan dalam bentuk kompleksitas yang terjadi selama pertumbuhan. Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan  pada makhluk hidup.Proses ini bersifat kualitaif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan bilangan. 

Suatu makhluk hidup dikatakan sudah dewasa apabila alat perkembangbiakanya secara seksual telah berfungsi, misalnya tumbuhan dikatakan  sudah dewasa apabila telah mampu berbunga, sedangkan pada hewan apabila kelenjar kelaminya telah mampu menghasilkan  sel kelamin. Pertumbuhan dan perkembangan sering juga disebut morfogenesis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar