Jumat, 01 September 2017

Pola - Pola Pertumbuhan Makhluk Hidup

Pola - Pola Pertumbuhan Makhluk Hidup - Organisme seluler maupun multiseluler memiliki pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan organisme tertentu, misalnya bakteri membentuk kurva sigmoid dan beberapa organisme lainya membentuk kurva yang berbeda, misalnya manusia menunjukan pola pertumbuhan alometrik. 

Pola - Pola Pertumbuhan Makhluk Hidup


Setelah kelaihranya, manusia menunjukan dua fase pertumbuhan yang sangat cepat, yaitu setelah kelahiran dan masa remaja. Sebaliknya, fase yang terdapat di antara fase setelah kelahiran dan pada masa remaja merupakan fase pertumbuhan yang tidak terlalu cepat. 

Kurva pertumbuhan alometrik berlangsung ketika organ - organ tubuh menunjukan kecepatan pertumbuhan yang berbeda dengan kecepatan pertumbuhan seluruh tubuh. 

Pertumbuhan organ - organ tersebut menyediakan kebutuhan - kebutuhan yang diperlukan selama masa pertumbuhan. Contohnya, pertumbuhan limfa pada anak - anak menyediakan imunitas alami pada masa anak - anak. Anda dapat memberikan contoh yang lain, misalnya organ reproduksi kapan mulai berkembang. 

Selain itum beberapa makhluk hidup menunjukan kecepatan pertumbuhan organ tubuh sama dengan kecepatan pertumbuhan seluruh tubuh, sehingga pola pertumbuhanya seperti pola pertumbuhan isometri, misalnya pada metamorfosis belalang, kupu - kupu, katak dan lain - lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar