Rabu, 01 Februari 2017

Cara Kerja Pengamatan Struktur Jaringan Batang

Pengamatan Struktur Jaringan Batang 

Alat Dan Bahan : 
Batang tanaman dikotil dan monokotil muda, reagen safranin O, mikroskop, silet, air, preparat permanen sayatan melintang batang monokotil dan dikotil. 

Cara Kerja : 

1. Siapkan potongan batang tumbuhan dikotil dan monokotil muda.

2. Siapkan pula kaca objek dan kaca penutup, kemudian teteskan setetes air di atas kaca objek tersebut.

3. Buatlah sayatan melintang dari potongan batang tersebut dengan menggunakan silet atau cuter sebaik mungkin, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. 

4. Letakan sayatan potongan batang ditetesi air, kemudian teteskan reagen safranin O di atas sayatan tadi. Selanjutnya, tutup dengan kaca penutup secara hati - hati. Usahakan tidak timbul gelembung udara. 

5. Tempatkan sediaan mikroskopik yang kalian buat pada mikroskop, periksalah mulai dari perbesaran rendah (40x), kemudian lanjutkan ke pembesaran 100x. Amati bagian - bagian  struktur batang yang kalian buat. Tunjukan bagian epidermis, korteks, silinder pusat dan empulur. 

6. Amati pula preparat permanen sayatan batang monokotil dan dikotil yang tersedia di laboratorium kalian. Tunjukan bagian - bagian struktur jaringan batang pada preparat tersebut. Bandingkan dengan preparat yang kalian buat. 

7. Gambarkan preparat yang kalian buat dan berilah keterangan yang jelas! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar