Rabu, 01 Februari 2017

Langkah Kegiatan Pengamatan Sel Penyusun Jaringan Epitel

Pengamatan Sel Penyusun Jaringan Epitel 

Alat dan Bahan:

Kaca objek dan penutup, spatula dari kayu atau cotton bud, garam fisiologis atau NaCI 0,96%, metilen blue 1% dalam aquades, dan mikroskop. 

Langkah Kegiatan : 

1. Buat kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
2. Siapkan cotton bud atau spatula kecil dari kayu atau dapat juga digunakan ujung tusuk gigi yang halus serta siapkan kaca objek yang sudah dibersihkan. 

3. Basahi alat - alat tersebut dengan garam fisiologis ataus NaCI 0,96% pada bagian ujung -ujungnya, jangan sampai terlalu basah, cukup lembab saja. 

4. Goreskan secara perlahan cotton bud atau spatula kecil atau tusuk gigi yang telah disiapkan pada lapisan permukaan dinding rongga mulut (permukaan pipi bagian dalam) bukan pada sel - sela gigi atau gusi sehingga didapatkan cairan yang agak berlendir yang mengandung sel - sel epitel

5. Letakan hasil goresan yang mengadnung sel - sel epitel tersebut pada kaca objek dan ratakan, kemudian segera tetesi dengan metilen blue 1% - 2 tetes, biarkan hingga 5- 10 menit. 

6. Setelah selesai waktu pewarnaan, buanglah sisa kelebihan zat warna pada wadah khusus dengan cara memiringkan kaca objek ke wadah tersebut. 

Untuk menghilangkan kelebihan zat warna, bilaslah secara perlahan, dengan aliran air kran mengalir perlahan dan alirakn air pada salah satu ujung kaca objek. 

7. Setelah selesai dibilas, keringkan dengan cara diangin- anginkan. Siapkan mikroskop yang akan digunakan sambil menunggu preparatnya kering, kemudian ambil preparat yang dibuat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar