Kamis, 02 Februari 2017

Langkah Kegiatan Pengamatan Sel Darah

Pengamatan Sel Darah

Alat Dan Bahan :

Blood lancet disposible atau penusuk ujung jari untuk mendapatkan darah, kaca objek dan kaca penutup, pewarna giesma atau eosin 1% dalam alkohol, etanol absolut, alkohol 96%, kapas, gelas beker 500 ml dan mikroskop cahaya. 

Langkah Kegiatan : 

1. Bersihkan jari tengah dengan kapas yang telah dibasahi alkohol 96% dan biarkan kering dari alkohol.

2. Tusuk jari tersebut berlahan menggunakan lanset darah yang telah dibersihkan dengan alkohol 96% dan hapus darah yang pertama kali keluar. 

3. Teteskan darah yang keluar berikutnya secara langsung di atas salah satu sisi kaca objek yang telah dibersihkan (dapat juga dilakukan dengan pertolongan pipet)

4. Sentuhkan kaca objek yang lain pada tetesan darah sehingga membentuk sudut 30 derajat dengan kaca objek yang ada tetesan darahnya dan doronglah tetesan darah ke ujung yang lain dengan cepat dan merata sehingga berbentuk lapisan atau bayangan darah yang tipis.

5. Biarkan smear darah itu menjadi kering.
6. Rendamlah smear darah tersebut ke dalam etanol absolut selama 5 - 10 menit, kemudian keringkan. 


7. Setelah kering, tetesi smear darah tersebut dengan pewarna giesma atau eosin hingga merata, biarkan selama kurang lebih 20 menit. 

8. Kelebihan zat warna pada smear darah dicuci dengan cara mengalirkan air kran secara perlahan atau dengan air dalam pipet mengalir hingga kelebihan warna hilang. 


9. Periksa di bawah mikroskop, jika pewarnaanya masih pudar atau kurang baik, dapat diteteskan lagi pewarna giesma dan biarkan selama 20 menit. 

10. Keringkan di udara (tidak di bawah cahaya matahari secara langsung). Jika ingin dibuat preparat permanen, tetesi dengan entelan, kemudian tutup dengan kaca penutup. 

11. Amati preparat tersebut di bawah mikroskop.

12. Gambarlah sel - sel darah yang kalian temui dalam pengamatan ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar