Kamis, 02 Februari 2017

Cara Kerja Pengujian Bahan Makanan

 Pengujian Bahan Makanan

Alat Dan Bahan : 

Tabung reaksi, rak tabung reaksi, kertas saring, pipet tetes, gelas kimia, penjepit tabung reaksi, pembakar bunsen, batang pengaduk, mortar dan alat tumbuk, beberapa jenis bahan makanan (kentang, buah jeruk, minyak goreng, telur, nasi), air (aquades), reagen biuret, iodium, larutan benedict, kerta putih (kertas minyak).  

Cara Kerja : 


A. Uji amilum
1. Siapkan 5 buah tabung reaksi yang diberi label sesuai dengan bahan makanan yang akan diuji. Haluskan bahan makanan yang keras lalu tambahkan air hingga terbentuk karutan atau suspensi. 

2. Masukan 10 tetes bahan makanan ke dalam masing - masing tabung reaksi yang telah diberi label sebelumnya. 

3. Masukan tabung 4-5 tetes reagen iodium, amati perubahan warnanya. Bila bahan makanan yang diuji mengandung amilum maka akan terbentuk warna biru kehitaman.

4. Catat hasil pengamatan dalam bentuk tabel!


B. Uji glukosa

1. Siapkan 5 buah tabung reaksi yang telah diberi label sesuai dengan bahan makanan yang akan diuji. Masukan 10 tetes bahan makanan yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam masing - masing tabung reaksi sesuai dengan label. 

2. Masukan 10 tetes reagen Benedict pada masing - masing tabung reaksi tersebut. 

3. Dengan menggunakan penjepit tabung reaksi, masukan kelima tabung reaksi ke dalam gelas kimia yang berisi air mendidih. Amati perubahan warnanya! Jika bahan makanan yang diuji mengandung glukosa maka akan terbentuk endapan berwarna merah bata. 

4. Catat hasil pengamatan dalam bentuk tabel!

C. Uji Protein

1. Siapkan 5 buah tabung reaksi yang telah diberi label sesuai dengan bahan makanan yang akan diuji. Masukan 10 tetes bahan makanan yang telah disiapkan  sebelumnya ke dalam masing - masing tabung reaksi sesuai dengan label. 

2. Masukan 5 tetes reagen Biuret pada masing - masing tabung reaksi tersebut. 

3. Amati perubahan warna yang terjadi! Jika bahan makanan yang diuji mengandung protein maka akan terbentuk warna ungu.

4. Catat hasil pengamatan dalam bentuk tabel! 


D. Uji Lemak

1. Siapkan 5 macam bahan makanan seperti pada percobaan A.

2. Sediakan kertas saring atau kertas buram, dan beri label pada kertas tersebut sesuai dengan bahan makanan yang diuji. 

3.Teteskan masing - masing bahan makanan pada kertas saring atau kertas buram sesuai dengan nama bahan makanan yang tertera pada label. 

4. Biarkan beberapa saat sampai kertas kering, kemudian lihat bekas tetesan bahan makanan tadi, kertas akan transparan jika makanan yang diuji mengandung minyak. 

5. Catat hasil pengamatan dalam tabel! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar