Selasa, 24 Januari 2017

Pernapasan Dan Reproduksi Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri)

Pernapasan Dan Reproduksi Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri) - Berikut ini adalah ulasan pernapasan dan reproduksi bakteri. Berikut ini ulasan bagaimana pernapasan bakteri dan bagaimana perkembangbiakan bakteri? 

Untuk memenuhi kebutuhanya akan energi, bakteri memecahkan zat makanan. Proses pemecahan zat makanan oleh bakteri dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan akan energi disebut respirasi. Respirasi pada bakteri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : 

a. Respirasi Aerob, bila dalam pernapasan tersebut dipergunakan oksigen bebas. Misalnya bakteri Nitrosomonas, Nitrobacter. 

Pernapasan Dan Reproduksi Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri)

b. Respirasi Anaerob, bila dalam pernapasan tersebut tidak digunakan oksigen bebas. Contoh pada Clostridium. Berdasarkan kebutuhanya terhadap oksigen, bakteri dapat dibedakan menjadi : 

1). Bakteri obligat aerob, adalah bakteri yang hidupnya mutlak bergantung terhadap keberadaan oksigen bebas. Contoh Mycribacterium tuberculosis, Nitrosomonas dan Nitrobacter. 

Pernapasan Dan Reproduksi Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri)

2. Bakteri Obligat Anaerob, adalah bakteri yang tidak memerlukan oksigen bebas untuk hidupnya. Bahkan ia akan mati bila di dalam lingkunganya terdapat oksigen bebas. Contoh Clostridium tetani, Clostridium perfringens, dan Clostridium botulinum.

Clostridium botulinum sering ditemukan pada makanan dalam kaleng yang telah rusak. Proses pemecahan zat makanan oleh bakteri yang tidak memerlukan oksigen bebas disebut "Fermentasi". 

3. Bakteri fakultatis, adalah bakteri yang dapat hidup dengan atau tanpa oksigen bebas disekitarnya. Contoh bakteri fakultatif adalah Escherichia coli. 

Reproduksi Bakteri
Bakteri umumnya berkembangbiak dengan membelah diri, yaitu melalui pembelahan biner. Setiap tubuh bakteri yang hanya terdiri atas satu sel itu membelah menjadi dua. Setiap sel bakteri akan memiliki sitoplasma dan bagian - bagian lain dari sel yang sama dengan sel asalnya. 

Pernapasan Dan Reproduksi Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri)

Pada kondisi lingkungan yang ideal, bakteri akan membelah sangat cepat. Hasilnya adalah suatu koloni bakteri. Jika sebuah bakteri membelah setiap 20 menit, maka sebuah koloni bakteri yang terdiri dari  2 juga bakteri akan terbentuk selama 7 jam. Namun demikian ada beberapa kendala yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri itu, antara lain : 

a. Kemungkinan zat makanan yang diperlukan menjadi berkurang.
b. Kemungkinan zat hasil ekskresi bakteri yang tertimbun dalam medium akan mengganggu pertumbuhanya.

Baca selengkapnya berbagai sifat bakteri : Ukuran Tubuh dan Struktur Tubuh Bakteri

Demikian Pernapasan Dan Reproduksi Bakteri (Berbagai sifat bakteri) semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar