Minggu, 22 Januari 2017

Sistem Organ Daun Pada Tumbuhan Dan 3 Bagian Daun

Sistem Organ Daun Pada Tumbuhan Dan 3 Bagian Daun - Selain batang dan akar pada organ tumbuhan juga terdapat Daun. Apakah fungsi daun pada organ tumbuhan berikut penjelasanya.

Daun merupakan organ yang paling luas permukaanya. Organ ini paling efektif untuk menyelenggarakan proses fotosintesis dan penguapan. Daun tumbuh dari primordia daun yang tumbuh pada sisi meristem apikal di ujung batang. Kalau diperhatikan bentuk luarnya, daun mempunyai bagian - bagian sebagai berikut : 

1). Helai daun (lamina = folium).
2). Tangkai daun atau petiola. pada bagian ini ditemukan pangkal tangkai daun atau stipula
3). Pada beberapa jenis tumbuhan kadang - kadang terdapat bagian tangkai yang membungkus batang, disebabkan pelepah daun tangkai atau vagina. 

Bila daun memiliki ketiga bagian tersebut diatas disebut daun sempurna. Dan bila tidak memiliki satu atau lebih bagian itu disebut daun tidak sempurna. Coba beri contoh apa yang memiliki daun tidak sempurna? Baca Sistem Organ Tumbuhan, Bunga Dan Buah Serta 4 Bagian Bunga.

Daun Spermatophyta bermacam - macam bentuk dan ukuranya. Secara anatomis, pada dasarnya susunan daun sama dengan susunan anatomis akar dan batang, yaitu terdiri atas epidermis, parenkim dan berkas pembuluh pengangkutan. 

Bila dibuat sayatan melintang dan diamati dibawah mikroskop, akan tampak seperti yang ditunjukan oleh gambar berikut. 

Sistem Organ Daun Pada Tumbuhan Dan 3 Bagian Daun

Epidermis merupakan lapisan terluar yang terdiri atas satu lapisan sel pipih berdinding tebal dan kadangkala dilapisi kutikula atau lapisan lilin. Kecuali epidermis tumbuhan paku, umumnya epidermis tidak mempunyai klorofil. 

Di beberapa tempat pada epidermis terdapat mulut daun atau stoma. Pada tumbuhan darat umumnya stoma terdapat di epidermis di bawah dari permukaan daun, sedangkan pada tumbuhan air mulut daunya terdapat dipermukaan atas daun. 

Di sebelah dalam epidermis, terdapat parenkim yang dapat dibedakan atas Parenkim palisade (jaringan pagar atau tiang dan Parekim spons atau jaringan bunga karang. 

Sel - sel penyusun parenkim palisade tersusun rapat, banyak mengandung klorofil sehingga pada bagian inilah berlangsung fotosintesis atau asimiliasi zat karbon. 

Sedangkan jaringan bunga karang tersusun atas sel - sel yang bentuk dan letaknya tidak beraturan, banyak mempunyai ruang antarsel dan tidak mempunyai banyak kloroplas. 

Pada jaringan bunga karang, biasanya dekat dengan permukaan bawah daun, terdapat berkas pembuluh pengangkutan yang berupa tulang - tulang daun. Bagian ini dapat disamakan dengan stele yang merupakan cabang dari stele pada batang.

Baca : Organ Dan Fungsi Organ Pada Tumbuhan

Demikian Sistem Organ Daun Pada Tumbuhan Dan 3 Bagian Daun, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar