Minggu, 22 Januari 2017

Sistem Organ Tumbuhan, Bunga Dan Buah Serta 4 Bagian Bunga (Completus)

Sistem Organ Tumbuhan, Bunga Dan Buah Serta 3 Bagian Bunga (Completus) - Sistem Organ pada tumbuhan terdiri dari organ pokok dan organ tambahan. Organ pokok terdiri dari : Akar, Batang dan daun, sedangkan organ yang tidak pokok pada tumbuhan yaitu Bunga Dan Buah

Bunga dan buah bukanlah organ pokok pada tumbuhan, tetapi merupakan organ tambahan, hasil modifikasi atau perubahan bentuk dari organ pokok yang beradaptasi sesuai dengan fungsinya. 

Bunga yang lengkap (completus) mempunyai bagian - bagian sebagai berikut : 

1). Kelopak (kaliks)
2). Mahkota atau tajuk bunga (corolla)
3). Benang sari (stanen)
4). Putik (Pistillum)

Kelopak dan tajuk bunga disebut perhiasan bunga atau periantium, sedangkan bunga yang tidak mempunyai benang sari dan putik berkelamin dua atau hermafrodit. 

Bila bunga itu tidak mempunyai satu diantara keempat bagian tersebut, maka disebut bunga tidak lengkap. Bunga tidak lengkap dibedakan atas dua macam, yaitu bunga jantan yang mempunyai benang sari saja, dan bunga betina yang hanya mempunyai putik saja. 

Sistem Organ Tumbuhan, Bunga Dan Buah Serta 4 Bagian Bunga (Completus)

Bila serbuk sari dan putik telah masak dan terjadi penyerbukan yang diikuti pembuahan, kemungkinan dapat dihasilkan biji yang mengandung lembaga atau embrio. Biji ini terlindung oleh kulit biji yang seluruhnya tersimpan di dalam buah.

Demikian Sistem Organ Tumbuhan, Bunga Dan Buah Serta 3 Bagian Bunga (Completus), semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar