Senin, 23 Januari 2017

Virus Manusia Dan Virus Yang Menyerang Bakteri (Bakteriofage)

Virus Manusia Dan Virus Yang Menyerang Bakteri (Bakteriofage) - Selain virus tanaman dan hewan terdapat peranan virus dalam kehidupan manusia. Apa Saja virus itu? Berikut ini jenis - jenis virus yang menyerang manusia.

a. Virus Cacar, merupakan penyebab penyakit cacar. Virus ini berbentuk seperti batu bata. Penyakit cacar juga dapat menimbulkan cacat pada kulit. Sekarang penyakit ini telah dapat dicegah, yaitu dengan vaksin cacar yang ditemukan oleh Edward Jenner

b. Virus Polio, dapat menyebabkan penyakit polio. Virus ini berbentuk ikoshaedral (satu polihedral dengan 20 bidang). Dapat menyebabkan kelumpuhan, sebab terjadi kerusakan sistem saraf yang mengendalikan anggota gerak. Sekarang penyakit polio telah tercegah dengan vaksin polio. Vaksin ini ditemukan oleh Yonas Salk. Vaksin Polio diberikan per oral (lewat mulut). 

c. Virus rabies, dapat menimbulkan penyakit gila anjing atau rabies . Virus ini berbentuk peluru. Virus ini sebenarnya virus hewan, tetapi dapat hidup dan menimbulkan penyakit pada manusia. 

Virus Manusia Dan Virus Yang Menyerang Bakteri (Bakteriofage)

Penularan penyakit rabies dari hewan ke hewan lain ataupun manusia biasanya melalui gigitan hewan yang telah menderita rabies, seperti aning, kucing dan kera. Vaksin rabies ditemukan oleh L. Pasteur. 

d. Virus Influenza, dapat menyebabkan penyakit infulenza. Virus influenza berbentuk bola. Virus ini dapat menimbulkan gangguan pernapasan dan menurunkan kemampuan kerja seseorang. Berbeda dengan ketiga penyakit karena virus seperti tersebut di atas, penyakit infulenza belum ditemukan vaksinya. 

e. HIV (Human Imunodeficiency Virus), yaitu virus yang menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), yaitu suatu penyakit yang merontokan sistem pertahanan tubuh kita. 

Virus HIV menyerang sel tertentu dari tubuh kita, yaitu sel darah putih tertentu yang disebut sel T. HIV yang hidup di dalam sel T akan mengeluarkan materi genetik dan memaksa sel T untuk memproduksi protein bagi keperluan perbanyakan diri HIV. 

Virus Manusia Dan Virus Yang Menyerang Bakteri (Bakteriofage)

HIV yang baru terbentuk akan keluar dari sel T, sedangkan sel T yang ditinggalkan akan mati atau lumpuh. Sel T yang mati atau lumpuh tidak akan mampu membentuk zat kebal, sehingga bila sebagian besar sel T yang terdapat di dalam tubuh kita telah terserang oleh HIV maka rusaklah sistem kekebalan tubuh kita. 

Penyakit AIDS menjadi tantangan para ilmuwan, yaitu bagaimana cara mengatasinya. Saat ini para ilmuwan masih terus berusaha menemukan vaksin untuk menangkal AIDS dan berusaha terus untuk menemukan obat yang dapat menyembuhkan AIDS. 

4. Virus Yang Menyerang Bakteri (Bakteriofage). Disebut juga fage. Virus ini berbentuk T, misalnya yang menyerang bakteri Escherichia coli (bakteri yang hidup pada usus besar kita). Bakteri E. coli membantu pembentukan vitamin K. 

Oleh sebab itu secara tidak langsung fage merugikan manusia. Lihat pada gambar. 

Virus Manusia Dan Virus Yang Menyerang Bakteri (Bakteriofage)

Di samping virus - virus tersebut, masih banyak lagi virus manusia yang penting, misalnya virus penyebab penyakit trakom, virus hepatisis B, virus penyebab kanker, virus penyebab demam berdarah, virus herpes dan lain - lain. 

Demikian Virus Manusia Dan Virus Yang Menyerang Bakteri (Bakteriofage) semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar