Senin, 23 Januari 2017

Virus Tanaman Dan Hewan (Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia)

Virus Tanaman Dan Hewan (Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia) - Virus sangat merugikan sel atau organisme yang diinfeksikanya, karena dapat merusak tubuh organisme tersebut. Ada virus yang hanya dapat menginfeksi makhluk hidup tertentu. 

Misalnya virus tumbuhan hanya dapat menginfeksi sel tumbuhan saja. Tetapi ada virus yang mampu menginfesksi organisme yang berbeda, misalnya menginfeksi manusia, burung dan lain - lain. 

1. Virus Tanaman
Banyak tumbuhan yang menjadi sasaran infeksi virus dan selanjutnya virus itu akan menyebabkan penyakit pada tumbuhan itu. Virus tumbuhan yang penting adalah : 

a. Tobacco Mozaik Virus (TMV), yaitu virus yang menyebabkan penyakit mozaik pada daun tembakau. Lihat pada gambar. 

Virus Tanaman Dan Hewan (Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia)

b. Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD), yaitu virus yang menyebabkan kerusakan pembuluh kulit batang jeruk. Karena itu virus ini disebut virus tanaman jeruk. 

c. Virus Tungro, yaitu virus yang menyerang tanaman padi. Virus ini menyebabkan tanaman padi menjadi kerdil. Virus tungro disebarkan oleh hewan serangga wereng coklat dan wereng hijau. 

Untuk mengatasi hama wereng yang menyebarkan virus tersebut, pemerintah telah mengembangkan tanaman padi yang terkenal dengan sebutan VUTW (Varietas Unggul Tahan Wereng). 

2. Virus Hewan
Virus hewan adalah virus yang mampu menginfeksi hewan. Hewan yang diinfeksi berasal dari kelompok vertebrata maupun avertebrata. Avertebrata yang umum menjadi inang virus adalah dari filum Arthropoda, terutama kelas insekta, seperti lalat, nyamuk wereng dan lain - lain. 

Ada beberapa virus yang mengadakan replikasi di dalam sel insekta tertentu tanpa menyebabkan penyakit pada insekta yang bersangkutan, namun insekta itu dapat memindahkan virus itu ke organisasi lain. 

Insekta yang demikian disebut vektor. Kadang - kadang arthropoda dapat memindahkan virus dari vertebrata inang yang satu ke vertebrata inang yang lain. Virus demikian disebut virus berumah rangkap. 

Contoh Virus Hewan : 

a. Virus penyebab penyakit tetelo pada ayam. Sering disebut NCD atau New Castle Disease dan ada pula yang menyebut Parratfever. 
b. Virus penyebab penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak.
c. Virus penyebab penyakit rabies (gila anjing). 

Demikian Virus Tanaman Dan Hewan ( Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia), semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar