Rabu, 18 Januari 2017

Fungsi Nukleus Dan Jenis Organel Nukleus (Struktur Sel)

Fungsi Nukleus Dan Jenis Organel Nukleus (Struktur Sel) - Nukleus atau isi sel adalah organel sel yang berbentuk oval atau bulat dan merupakan organel terbesar di dalam sel. Inti sel tersusun atas protein, enzim dan bahan - bahan pembawa sifat menurun. Nukleus merupakan pengatur seluruh kegiatan hidup dari sel, termasuk proses perkembangbiakan.

Umumnya setiap sel mengandung sebuah inti. Namun demikian ada sel yang tidak berinti, misalnya sel darah merah mamalia, dan ada pula sel yang mengandung lebih dari satu inti, misalnya pada otot lurik. Pada paramaecium, setiap selnya bahkan selalu mengandung dua buah nukleus. 

Inti sel (nukleus) merupakan bagian yang sangat penting. Tanpa inti tersebut, sel tidak akan mampu memperbaiki dirinya yang rusak, dan juga tidak mampu berkembang biak, seperti terlihat pada gambar. 

Fungsi Nukleus Dan Jenis Organel Nukleus (Struktur Sel)
Gambar nukleus menunjukan pentingnya nukleus dalam kehidupan. Tanpa Nukleus suatu Individu tidak akan dapat hidup

Di dalam Nukleus terdapat lagi bermacam - macam organel, seperti : 

a. Membran Nukleus. Setiap inti dibungkus oleh sebuah selaput ganda,tipis, yang disebut membran nukleus atau membran inti. Membran nukleus ini melindungi cairan yang mengisi inti yang disebut "nukleoplasma".

Membran inti ini tidak padat dan dapat dilalui zat yang akan masuk atau keluar inti. Nukleoplasma merupakan cairan yang kental dan merupakan bagian protoplasma yang palingkaya akan protein. 

b. Nukleolus. Dalam sebuah inti sering ditemukan satu atau lebih badan yang sangat kecil yang sering disebut nukleolus atau anak inti. Setiap nukleolus terbentuk dari RNA (ribonucleic acid) dan protein. Secara tidak langsung nukleolus ini berperan dalam sintetis protein. 

c. Benang - benang kromatin. Merupakan organel yang cukup besar yang terdapat di dalam inti sel. Organel ini mengandung butir - butir kromatin. Kromatin terbentuk dari ADN (Asam deoksiribo Nukleat), ARN (Asam Ribo Nukleat), dan protein. 

Pada saat sel akan membelah, benang - benang kromatin itu akan memendek, menebal dan mudah menyerap zat warna tertentu dan sering disebut kromosom. Selanjutnya kromosom - kromosom sejenis akan berpasangan, kemudian memisah. Dengan demikian dua sel baru yang terbentuk akan memiliki susunan kromosom yang identik.

Baca : Organel - Organel Alat Penyusun Tubuh Dan Penyelenggara Fungsi Sel

Demikian Fungsi Nukleus Dan Jenis Organel Nukleus (Struktur Sel), semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar