Selasa, 24 Januari 2017

Pembentukan Spora Bakteri Dan Pertumbuhan Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri)

Pembentukan Spora Bakteri Dan Pertumbuhan Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri) - Pembentukan Spora Bakteri, Dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan, beberapa jenis bakteri akan mati, Tetapi ada beberapa jenis bakteri lainya, dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan akan membentuk dinding sel yang kuat disebut "kista".

Tubuh bakteri yang terbungkus kista ini disebut spora, karena terlindung oleh dinding yang kuat, sering disebut endospora. Lihat pada gambar. 

Pembentukan Spora Bakteri Dan Pertumbuhan Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri)
Endospora Bakteri

Pada saat terbentuk endopsora, bakteri bersifat dorman atau tidur dan tidak melakukan kegiatan hidup. Baru setelah kondisi lingkungan baik kembali, kista akan pecah dan bakteri tumbuh normal kembali. Endospora bakteri mampu bertahan hidup selama 50 tahun lebih. 

Tidak seperti halnya pada jamur, di aman spora berfungsi untuk perkembangbiakan, sedangkan spora pada bakteri tidak untuk perkembangbiakan. 

Pertumbuhan Bakteri
Yang dimaksud dengan pertumbuhan bakteri adalah pertambahan jumlah anggota pembentuk koloni bakteri. Bentuk koloni bakteri berbeda - beda. Lihat pada gambar. 

Pertumbuhan koloni bakteri dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : 

a. Temperatus. Suhu optimum bagi pertumbuhan bakteri secara umum adalah antara 27 derajat celcius sampai 38 derajat celcius. Namun demikian ada pula bakteri yang tumbuh baik pada suhu yang lebih tinggi atau lebih rendah dari temperatur tersebut di atas. 

Pembentukan Spora Bakteri Dan Pertumbuhan Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri)

b. Kelembaban. bakteri akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang lembab. Itulah sebabnya untuk mengawetkan bahan makanan dari gangguan bakteri bahan tersebut dikeringkan. 

c. Sinar matahari. Bakteri akan tumbuh lambat dan terhenti sama sekali pada medium yang terkena sinar matahari langsung. Terutama sinar ultraviolet akan memusnahkan bakteri, atau akan memutasikan DNA pada bakteri tersebut. 

d. Zat Kimiawi. Beberapa senyawa kimia tertentu dapat menyebabkan larutnya dinding sel bakteri. Keadaan ini akan mematikan bakteri.

Baca selengkapnyaUkuran Tubuh Dan Struktur Tubuh Bakteri 

Demikian Pembentukan Spora Bakteri Dan Pertumbuhan Bakteri (Berbagai Sifat Bakteri) semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar