Minggu, 22 Januari 2017

Batang Tumbuhan Berbiji, Pertumbuhan Menebal Sekunder Persamaan Bagian Batang dan Akar

Batang Tumbuhan Berbiji, Pertumbuhan Menebal Sekunder Persamaan Bagian Batang dan Akar  - Tumbuhan berbiji dibedakan atas tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Batang berbiji terbuka (Gymnospermae) tidak memiliki floeotherma atau sarung tepung, yaitu endodermis yang sel - selnya mengandung zat tepung. 

Fasisnya terdiri atas trakeid saja, yaitu xilem yang sempit dengan fusi yang belum sempurna dan diantara sel - sel penyusunya masih terdapat sekat - sekat miring dan saling berhubungan. Pada sayatan melintang batang, trakeid tampak teratur menurut jari - jari. 

Batang tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) terbentuk dari titik tumbuh batang pada embrio. Titik tumbuh tersebut tidak mempunyai kaliptra, tetapi dilindungi oleh bakal daun - daun muda yang membalutnya. 

Diantara bakal daun - daun tersebut, terdapat calon cabang - cabang batang, sehingga pembentukan cabang batang disebut bersifat eksogen. 

Kalau dibuat sayatan pada batang monokotil dan dikotil, maka akan terlihat bagian - bagian batang seperti terlihat pada gambar dengan persamaan dan perbedaanya. 

Batang Tumbuhan Berbiji, Pertumbuhan Menebal Sekunder Persamaan Bagian Batang dan Akar
(a) Penampang melintang batang dikotil; (b) Penampang melintang batang monokotil. Perhatikan persamaan dan perbedaanya.

Sebelum terjadi pertumbuhan menebal sekunder, bagian batang sama dengan bagian akar, yaitu epidermis, korteks, endodermis dan stele. 

a). Epidermis, terdiri atas satu lapis sel yang tersusun dan tidak mempunyai ruang antarsel. Lapisan ini berfungsi sebagai alat pelindung tubuh. Dinding sel epidermis yang langsung berbatasan dengan udara dilapisi oleh kutikula atau lapisan lilin. 

b). Korteks, seperti halnya pada korteks akar, korteks pada batang juga tersusun atas lapisan - lapisan sel dan mempunyai banyak ruang antarsel yang penting untuk pertukaran gas. 

c). Endodermis, tersusun atas satu lapisan sel yang mengandung zat tepung sehingga endodermis pada batang tumbuhan berbiji tertutup biasa disebut sarung tepung atau floeoterma. Lapisan ini merupakan pemisah antara stele dengan korteks. 

d). Stele atau silinder pusat, merupakan bagian batang yang terdalam. Lapisan terluar dari stele disebut periskel atau perikambium. Disebelah dalamnya terdapat parenkim dengan fasis. 

Xilem dan floem membentuk fasis, letaknya berdampingan, sehingga disebut fasis tipe kolateral. Tumbuhan dikotil mempunyai fasis bertipe kolateral terbuka, sedang fasis tumbuhan monokotil bertipe kolateral tertutup. 

Parenkim yang terdapat pada stele Angiospermae dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu yang terdapat di tengah stele disebut empulur, dan yang terdapat diantara fasis disebut jari - jari empulur. 

Demikian Batang Tumbuhan Berbiji, Persamaan Bagian Batang dan Akar semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar