Selasa, 24 Januari 2017

Gerak Bakteri Dan Dua Kelompok Makanan Bakteri

Gerak Bakteri Dan Dua Kelompok Makanan Bakteri - Berikut ini ulasan gerak pada bakteri dan jenis makanan bakteri. Lebih jelasnya baca ulasan berikut ini. 

Gerak Pada Bakteri
Ada bakteri yang dapat bergerak, tetapi ada pula bakteri yang tidak dapat bergerak. Umumnya bakteri yang dapat bergerak memiliki alat gerak berupa bulu cambuk atau flegellum. Berdasarkan jumlah dan kedudukan bulu cambuknya, bakteri dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok yaitu : 

a. Atrik, adalah bakteri yang tidak memiliki bulu cambuk.
b. Monotrik, adalah bakteri yang memiliki satu bulu cambuk pada salah satu ujung tubuhnya.
c. Amfitrik, adalah bakteri yang memiliki dua gerombol bulu cambuk pada kedua sisi tubuhnya.
d. Lopotrik, adalah bakteri yang memiliki bulu cambuk bergerombol pada salah satu sisi tubuhnya.
e. Peritrik, adalah bakteri yang memiliki bulu cambuk pada seluruh permukaan tubuhnya.

Gerak Bakteri Dan Dua Kelompok Makanan Bakteri

Makanan bakteri
Berdasarkan cara memperoleh makananya, bakteri dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu bakteri autrof dan bakteri heterotrof. 

a. Bakteri aurotrof, adalah bakteri yang dapat menyusun zat makanan sendiri. Dia dapat mengubah air, karbondioksida, zat lemas (N) dan zat - zat lain menjadi zat berguna bagi hidupnya. 

Untuk membuat zat - zat yang diperlukan, bakteri memerlukan energi. Energi itu dapat berasal dari energi cahaya matahari ataupun energi kimia. 

Bakteri yang memerlukan energi kimia sering disebut bakteri kemoautotrof, misalnya Nitrosomonas, Nitrosococcus, Nitrobacter, bakteri besi dan lain - lain. 

Sedangkan bakteri yang dalam menyusun zat kebutuhanya menggunakan energi cahaya matahari disebut bakteri fotoautotrof. Misalnya bakteri ungu, bakteri hijau dan lain - lain. 

Gerak Bakteri Dan Dua Kelompok Makanan Bakteri

b. Bakteri heterotrof, adalah bakteri yang tidak dapat menyusun makanan sendiri. Seluruh kebutuhan zat makananya diperoleh dari makhluk hidup lainya. Bakteri yang memperoleh zat makanan dari makhluk lain disebut bakteri parasit, sedangkan bakteri yang memperoleh zat makanan dari sisa makhluk hidup yang telah mati disebut bakteri saprofit. 

Contoh bakteri saprofit adalah bakteri pembusuk dan bakteri usus yang membantu menghancurkan sisa makanan. Sedangkan contoh bakteri parasit adalah bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

Baca selengkapnya berbagai sifat bakteri : Ukuran Tubuh dan Struktur Tubuh Bakteri

Demikian Gerak Bakteri Dan Dua Kelompok Makanan Bakteri semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar